Resep Gado-Gado yang Sederhana dan Mudah Dibuat

Posted on

Gado-gado adalah salah satu makanan berasal dari Betawi (Jakarta). Makanan ini berupa sayur-sayur yang direbus dan dicampur jadi satu. Dengan bumbu saus kacang, irisan telur, dan kerupuk udang atau emping goreng. Makanan ini dikenal sejak lama sebagai saladnya orang Indonesia. Kombinasi dari sayuran segar, tahu, kentang, dan tempe berpadu dengan bumbu gado-gado yang khas terbuat dari kacang. Resep gado-gado sendiri mudah dibuat.

Identik dengan sayuran yang segar, gado-gado dapat dimakan langsung dengan bumbu kacang ataupun dapat dimakan dengan nasi putih bahkan lontong. Gado-gado memiliki rasa yang manis, gurih dan untuk penggemar pedas, jangan sampai ketinggalan menambahkan cabai.

"<yoastmark

Resep Gado-Gado yang Sederhana dan Mudah Dibuat

Gado-gado berasal dari masa Kesultanan Mataram yang pada saat itu dipimpin Sultan Agung. Mereka menyerang Batavia yang kemudian kehabisan bahan cadangan makanan terutama beras. Lumbung beras yang ada di sekeliling Batavia pun dibakar oleh VOC. Hal ini membuat para prajurit warok dari Ponorogo yang juga ikut dalam pasukan perang berinisiatif membuat sambal bumbu pecel dari kacang tanah.

Kemudian sambal kacang yang telah mereka buat itu disiramkan ke atas berbagai sayuran mentah yang terdapat di sekitar sawah. Hal ini dilakukan bertujuan untuk bertahan hidup akibat pasokan makanan yang telah habis. Melihat hal itu, prajurit lain mengikuti yang dilakukan oleh prajurit warok. Dalam bahasa Jawa, dinamakan “gado” karena memiliki arti makan hanya lauk saja atau makan lauk tanpa nasi. Resep makanan ini pun mudah untuk dibuat.

Seiring dengan berjalanya waktu, gado-gado tidak hanya ditemui di Jakarta. Anda dapat dengan mudah menemukan gado-gado saat berkunjung di setiap kota yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki rasa yang beragam. Kini gado-gado dapat menjadi pengganti makan besar karena dengan makanan ini pun dapat membuat perut kenyang.

Bahan dan Bumbu

Berikut resep gado-gado yang wajib Anda tahu.

Bahan :

350 g kentang, kukus, kupas, potong-potong

350 g tahu putih

400 g tempe, potong kotak 3 cm

7 lembar daun selada, sobek-sobek

2 buah timun, iris tipis

100 g taoge, rebus

200 g kol, iris kasar, rebus

Minyak goring

Penyedap rasa

3 siung bawang putih, haluskan

1 sdt ketumbar bubuk

1 sdt garam

200 ml air

Bumbu kacang:

200 g kacang tanah kulit, goreng, haluskan

3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya

2 sdm Bango Kecap Manis

1 sdt garam

3 sdt gula merah

300 ml santan encer

300 ml air

1 sdt asam jawa, larutkan

Bumbu halus:

5 buah cabai merah besar, buang bijinya

3 buah cabai merah keriting

5 cm kencur

4 siung bawang putih

½ sdt terasi goreng

Pelengkap:

6 butir telur rebus, kupas, potong 2

2 buah tomat

3 sdm bawang merah goreng

Kerupuk

Emping

Cara Memasak Gado-Gado

Langkah mudah untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Bumbui tempe dan tahu bersama bumbu perendam dengan rata. Kemudian sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Jika sudah panas goreng tahu dan tempe hingga garing dan matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Untuk membuat bumbu kacang: Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum. Kemudian masukkan kacang tanah dan kecap manis, aduk hingga rata. Tambahkan sisa semua bahan, aduk. Masak hingga matang kemudian angkat. Biarkan hingga dingin.
  4. Tata kentang, tahu, tempe, daun selada, timun, tauge, dan kol di atas piring saji. Beri bumbu kacang dan taburi bawang merah goreng. Sajikan dengan pelengkap.

Mudah sekali bukan membuat gado-gado. Dari resep gado-gado di atas Anda dapat mempraktikkan sendiri di rumah, bahannya pun mudah ditemui dan memasaknya mudah, tidak ribet. Anda juga dapat mengkreasikan isiannya sendiri sesuai dengan keinginan Anda.