Resep Nasi Liwet Solo, Hidangan Lezat Khas Nusantara!

Posted on

Resep nasi liwet Solo, apakah Bunda pernah memasak makanan Nusantara satu ini? Nasi memang menjadi salah satu makanan pokok. Karbohidrat di dalamnya merupakan sumber tenaga, yang tubuh kita butuhkan dalam beraktivitas.

Meski begitu, makanan dari beras ini, dapat bunda masak menjadi berbagai macam jenis yang berbeda dan enak tentunya. Seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi lemak bahkan nasi liwet khas Solo.

Ya, salah satu jenis makanan nusantara ini begitu populer di Indonesia. Nasi liwet khas Solo memiliki cita rasa unik, serta lezat dan bergizi.

Resep Nasi Liwet Solo, Hidangan Lezat Khas Nusantara!
pixabay.com

Ini Dia Resep Nasi Liwet Solo yang Mudah Bunda Buat!

Nama nasi liwet sendiri menyesuaikan dengan cara memasaknya, yakni “diliwet” dengan panci. Para wisatawan yang datang ke kota Solo tentu wajib mencoba menu andalan satu ini.

Meski begitu, apabila bunda ingin menghidangkannya untuk keluarga, tentu tidak perlu repot-repot pergi ke Solo. Terlebih jika bunda tinggal jauh dari sana, cukup simak resep mudah berikut ini, dan silahkan mencoba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan dan Cara Memasak Nasi Liwet

Pada dasarnya, resep nasi liwet Solo ini diaron sampai matang menggunakan panci. Hal yang menarik dari panci liwet terletak di bagian dasarnya yang cukup tebal, sehingga nasi tidak akan gosong sebelum matang.

Untuk membuat nasi liwet khas Solo, Bunda perlu menyiapkan bahan-bahan yang akan diolah. Bahan-bahan lengkap inilah, yang akan membuat cita rasa nasi liwet khas Solo unik dan berbeda dari lainnya.

Untuk nasi liwet sendiri cukup siapkan beras sesuai kebutuhan, 4 lembar daun salam, batang serai, serta kaldu ayam. Semua bahan ini nantinya akan diliwet bersama dalam panci hingga matang.

Pengaturan api saat proses memasak nasi liwet juga harus bunda perhatikan. Ketika nasi sudah mendidih, sebaiknya kecilkan api kemudian tutup. Tunggu hingga air di dalamnya terserap habis, sesekali aduk agar nasi matang merata. Jika tidak memiliki panci bunda bisa gunakan rice cooker.

Langkah membuatnya sangat mudah, bukan? Prosesnya seperti memasak nasi biasa, hanya saja sudah langsung diberi bumbu serta rempah untuk menghasilkan aroma khas. 

Lauk Pelengkap Nasi Liwet Khas Solo

Seporsi nasi liwet Solo, umumnya tersaji bersama lauk pelengkap seperti tahu, tempe, opor ayam, aneka sate, dan kerupuk. Tidak lupa menu pendamping wajib yakni sayur labu siam, ayam suwir, telur pindang, dan areh santan. Areh santan ini yang menjadikan nasi liwet Solo begitu khas.

Areh atau kuah santan yang memiliki tekstur kental ini, menjadi salah satu keunikan dan penambah cita rasa seporsi nasi liwet solo. Umumnya, proses memasak areh membutuhkan waktu yang cukup lama. Bertujuan untuk mengeluarkan minyak dari santannya.

Dari proses memasak yang lama ini, cita rasanya akan semakin gurih. Kuah areh juga dapat bertahan lama atau tidak mudah basi. Areh atau kuah santan kental ini bisa bunda masak dengan mencampurkan telur ke dalamnya, serta sedikit tambahan garam.

Di kota Solo sendiri, menu andalan nasi liwet umumnya tersedia di rumah makan yang berkonsep tradisional. Seiring dengan berjalannya waktu, kehadiran menu-menu barat ternyata tidak mampu mengubur eksistensi makanan nusantara satu ini.

Keberadaanya tetap populer di hati masyarakat Indonesia, bahkan banyak wisatawan asing yang datang ke Solo suka dengan menu ini.

Nah, itu tadi uraian singkat tentang Resep nasi liwet Solo, yang bisa bunda jadikan referensi guna membuat menu andalan untuk keluarga tercinta. Jika penasaran dengan cita rasa asli, bisa sesekali main ke Solo dan mencoba menu ini langsung di kota asalnya.