Resep Rendang Daging Sapi Mudah dan Lezat, Yuk Masak Sekarang!

Posted on

Rendang daging sapi merupakan salah satu dari banyaknya masakan khas Indonesia yang wajib Anda cicipi dan buat sendiri di rumah. Rendang sendiri merupakan salah satu olahan yang berbahan dasar daging dan berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Makanan ini sudah sangat populer dan menjadi favorit banyak orang karena cita rasanya yang lezat.

Olahan daging yang dikenal dengan rasa pedas satu ini dimasak menggunakan suhu api rendah dalam waktu yang lama. Bumbunya pun menggunakan aneka bahan rempah-rempah dan juga santan kelapa yang membuat rasanya lezat. Proses memasak rendang bahkan bisa memakan waktu hingga berjam-jam sehingga membuat daging berwarna hitam pekat namun rasanya sangat enak.

Resep Rendang Daging Sapi Mudah dan Lezat, Yuk Masak Sekarang!
unsplash.com

Resep Rendang Daging Sapi

Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi masakan tradisi untuk berbagai acara adat maupun masakan keseharian. Rendang memiliki filosofi tersendiri yaitu musyawarah dan mufakat yang diangkat dari empat bahan pokoknya.

Secara simbolik daging melambangkan para pemimpin suku adat, kelapa melambangkan kaum intelektual, cabai melambangkan alim ulama yang tegas dalam mengajarkan syariat agama, dan terakhir bumbu melambangkan seluruh masyarakat Minangkabau.

Saat ini rendang juga bisa dimasak oleh semua orang di berbagai daerah. Baik untuk hidangan sehari-hari maupun untuk berbagai acara seperti kenduri, pernikahan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan acara lainnya. Selain itu dalam berbagai rumah makan atau restoran seperti rumah makan Padang juga sering menjadikan rendang sebagai salah satu menunya.

Cara memasak rendang ini juga tidak terlalu rumit. Berikut adalah resep rendang daging sapi yang bisa Anda ikuti:

Bahan

1 kg daging sapi, 2500 ml santan kelapa, 5 lembar daun salam, 8 lembar daun jeruk, dan 3 batang serai digeprek.

Bumbu Halus

Satu ruas jahe, satu ruas lengkuas, satu ruas kunyit, garam, dan gula secukupnya, 250 gr cabai keriting merah dan rawit, 250 gr bawang merah, 8 siung bawang putih, 1 sdt jintan, 1 sdt adas, 1 butir pala, 5 butir cengkeh, 3 butir kemiri, 1 sdt merica, 4 sdm ketumbar.

Cara Memasak

Setelah semua bahan dan bumbu siap, kini saatnya cara memasak rendang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama potong-potong daging sapi kira-kira menjadi 20 potong.
  • Haluskan bumbu-bumbu yang ada dalam daftar bumbu halus.
  • Cara memasak rendang daging sapi selanjutnya yaitu masukkan santan ke dalam wajan dan tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk serta bumbu yang telah dihaluskan.
  • Masak santan dengan api kecil sambil terus diaduk perlahan. Tunggu hingga santan mendidih kurang lebih selama 15 menit.
  • Setelah santan mendidih selanjutnya masukkan daging sapi dan tunggu hingga mendidih kembali. Setelah itu kecilkan api dan masukkan garam serta gula secukupnya. Aduk terus agar tidak gosong dan masak hingga santan mengental.
  • Teruskan masak dengan api kecil hingga santan mengering dan berminyak. Biasanya proses ini akan memakan waktu selama beberapa jam, jadi Anda harus bersabar.
  • Jika santan sudah mengering dan daging sudah empuk maka rending sudah jadi. Angkat wajan dari kompor dan Anda bisa menghidangkannya sebagai lauk dengan nasi putih hangat.

Dalam memasak rendang sapi ini Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti telur atau kentang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda tidak menyukai daging sapi, maka Anda bisa menggunakan bahan lainnya juga. Misalnya yaitu daging ayam, daging bebek, hati sapi, paru-paru sapi, ikan tongkol, telur ayam, dan lainnya.

Demikianlah pembahasan resep rendang daging sapi beserta cara memasaknya. Anda bisa mencoba resep ini sendiri di rumah, selamat mencoba!